6 Mindset Sukses Bisnis Di Internet

11 Mindset Sukses Bisnis Di Internet
mindset bisnis di internet - ilustrasi
Selamat pagi, Assalamu'alaikum sobat online semuanya. Mari kita diskusikan tentang mindset sukses bisnis di internet. Mindset begitu penting dan menjadi instrumen yang harus benar-benar diperhatikan mengingat hal ini memiliki efek domino yang pada nantinya akan menentukan hasil akhir dari sebuah proses perjuangan.

Beberapa mindset dibawah ini merupakan rangkuman dari beberapa sumber sekaligus pengalaman penulis dalam menjalankan beberapa bisnis di internet termasuk sebagai writerpreneur yang mengelola beberapa web dan youtube channel untuk di monetize via Google Adsense.

Okey langsung aja, berikut beberapa mindset yang harus dimiliki oleh seorang pebisnis online:

1. Passion

Jalankan bisnis online (juga offline) dengan penuh semangat dan gairah. Bisnis yang didasari oleh passion sejatinya tidak akan padam meski menjumpai berbagai macam kendala, halangan maupun tantangan. Sebaliknya, bisnis tanpa passion akan mudah menghadapi kejenuhan yang berujung pada kolaps-nya bisnis tersebut. Memang, kemungkinan kolaps suatu bisnis sangatlah mungkin terjadi, akan tetapi jika bisnis tersebut didasari passion, kegagalan tersebut akan lebih mudah diatasi.

2. Buang Mental Instan

Orang bilang, "bikin mie instan aja butuh perjuangan, masak air, tuang bumbu dan lain-lain". Benar sekali, mental instan sangat tidak tepat bagi seseorang yang hendak menjalankan bisnis online di internet. Apapun jenis bisnis yang hendak dijalankan, pastinya membutuhkan perjuangan, konsistensi dan kegigihan agar dapat memetik hasilnya. Bisa jadi, memang ada bisnis yang dapat menghasilkan dalam waktu cepat, tapi bukan instan. Beda lho ya, cepat dengan instan.

3. Fokus

Nah ini dia, bisnis apapun selalu membutuhkan satu kata sakti untuk mencapai keberhasilan, yakni Fokus. Karena dilakukan dengan menggunakan media internet baik berupa website maupun sosial media, maka "godaan" yang menanti sangatlah banyak. Sebut saja, katakanlah saat kita sedang menyusun skema pemasaran produk via Facebook atau sosmed yang lain, tetiba muncul notifikasi yang menarik, maka kondisi semacam ini harus diatas dengan tetap berpegang teguh (ciee) pada skala prioritas. Abaikan berbagai macam bentuk gangguan, baik yang sepele hingga level serius.

4. Belajar Cepat, Cepat Belajar

Kegagalan dalam berbisnis itu hampir menjadi sebuah keniscayaan. Hampir sulit dijumpai para pebisnis sukses tanpa rekam kisah kegagalan. Gagal dalam menjalankan bisnis itu merupakan kewajaran. Namun point penting dalam hal ini adalah bagaimana caranya dapat cepat mengambil sebuah pelajaran ketika kegagalan terjadi. Cepat menganalisa lalu cepat bangkit memperbaiki berbagai kesalahan yang telah dilakukan. Begitu seterusnya hingga keberhasilan dapat diraih.

5. Komunitas

Ada ungkapan, barangsiapa bergaul dengan penjual minyak wangi niscaya juga akan harum tubuhnya. Hal ini juga berlaku dalam dunia bisnis. Hendaknya kita memilih pergaulan positif serta aktif pada komunitas-komunitas yang mendukung impian kita termasuk menjadi seorang pebisnis di internet. Misalkan saja, kita fokus sebagai adsense publisher, maka ada baiknya menjalin komunikasi intensif serta berkomunitas dengan orang-orang dengan aktivitas yang sama. Tujuannya adalah adanya transfer ilmu dan pengalaman sehingga bisnis dapat berkembang lebih baik.

6. Bersyukur

Kalimat bersyukur mungkin sederhana dan kerap kali didengar. Terucap dari seorang ustadz maupun motivator. Akan tetapi disadari atau tidak, ternyata sikap dan rasa syukur ini memiliki peran yang sangat signifikan dalam membentuk kepribadian sukses seseorang. Setiap jengkal langkah yang telah diayunkan, setiap keping rupiah yang telah didapatkan harus disyukuri dengan kesyukuran sebenar-benarnya. Seberapapun jauhnya, seberapapun yang didapatkan. Dengan kesyukuran yang dilandasi ketulusan seseorang cenderung berpikir dan bertindak positif untuk terus produktif memperbaiki keadaan.

Bagaimana menurut anda, adakah 'mindset' yang perlu ditambahkan selain ke-enam sikap berpikir di atas?, silahkan tulis pada kolom komentar. Sesama pelaku bisnis di internet, mari saling memotivasi. Terimakasih, semoga bermanfaat :)

You Might Also Like

Post A Comment